Headlines

Artikel ini akan memaparkan sejarah singkat pendirian Sekolah Pontianak, termasuk tokoh-tokoh yang terlibat dalam proses pendirian serta perkembangannya hingga saat ini. Dalam sejarah ini juga akan disinggung peran sekolah dalam mendidik generasi muda Pontianak.


Artikel ini akan membahas sejarah pendirian Sekolah Pontianak yang memiliki peran penting dalam pendidikan generasi muda di Pontianak. Sebagai salah satu kota terbesar di Kalimantan Barat, Pontianak membutuhkan institusi pendidikan yang berkualitas untuk mengembangkan sumber daya manusia yang handal dan berkompeten.

Sejarah pendirian Sekolah Pontianak dimulai pada tahun 1902 ketika Belanda masih menjajah Indonesia. Pada saat itu, terdapat kebutuhan yang mendesak untuk mendirikan sekolah yang dapat memberikan pendidikan formal kepada masyarakat Pontianak. Dalam proses pendiriannya, beberapa tokoh terkemuka terlibat aktif dalam mendirikan sekolah ini.

Salah satu tokoh yang berperan penting dalam pendirian Sekolah Pontianak adalah Raden Adipati Aria Wiranatakusumah II. Beliau merupakan seorang bangsawan yang sangat peduli terhadap pendidikan dan perkembangan masyarakat Pontianak. Dengan dukungan dari masyarakat setempat, Raden Adipati Aria Wiranatakusumah II berhasil mendirikan sekolah pertama di Pontianak pada tahun 1902 dengan nama Sekolah Rakyat Pontianak.

Sekolah Rakyat Pontianak kemudian berkembang pesat dan pada tahun 1913 berubah nama menjadi Hollandsch-Inlandsche School (HIS) Pontianak. Sekolah ini didirikan untuk melayani pendidikan formal bagi anak-anak pribumi dan juga anak-anak Belanda yang tinggal di Pontianak. HIS Pontianak menjadi sekolah yang terkemuka dan diakui oleh pemerintah kolonial Belanda.

Selama era kemerdekaan Indonesia, HIS Pontianak berubah nama menjadi Sekolah Rakyat (SR) Pontianak. Perubahan ini mencerminkan semangat nasionalisme dan identitas Indonesia yang ingin ditanamkan dalam pendidikan. SR Pontianak terus berkembang dan pada tahun 1970-an, sekolah ini berubah menjadi Sekolah Dasar Negeri (SDN) Pontianak.

Perkembangan Sekolah Pontianak tidak hanya terbatas pada tingkat dasar. Pada tahun 1946, didirikan SMA Negeri Pontianak sebagai sekolah menengah pertama di Pontianak. Sekolah ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk melanjutkan pendidikan mereka setelah menyelesaikan tingkat dasar.

Peran Sekolah Pontianak dalam mendidik generasi muda Pontianak sangat penting. Selain menyediakan pendidikan formal, sekolah ini juga berperan dalam membentuk karakter dan moral siswa. Melalui pendidikan yang diberikan, Sekolah Pontianak telah melahirkan banyak generasi yang berprestasi dan berkontribusi positif dalam berbagai bidang, baik di Pontianak maupun di tingkat nasional.

Referensi:
1. “Sejarah Singkat Kota Pontianak” – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pontianak
2. “Sejarah Singkat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pontianak” – STIE Pontianak
3. “Sejarah Singkat Sekolah Menengah Atas Negeri di Pontianak” – SMAN 1 Pontianak