Headlines

Peran Sekolah Tanjungpinang dalam Pembentukan Karakter Siswa – Artikel ini membahas peran sekolah dalam pembentukan karakter siswa di Sekolah Tanjungpinang. Artikel ini mengulas program-program yang diterapkan untuk mengembangkan sikap, nilai-nilai, dan kepribadian yang baik pada siswa.


Pendidikan karakter menjadi salah satu hal yang sangat penting dalam proses pendidikan siswa di Sekolah Tanjungpinang. Peran sekolah dalam pembentukan karakter siswa sangatlah besar, karena sekolah merupakan tempat yang menjadi landasan pembentukan sikap, nilai-nilai, dan kepribadian siswa.

Sekolah Tanjungpinang memiliki berbagai program yang diterapkan untuk mengembangkan karakter siswa secara holistik. Salah satu program yang diterapkan adalah pembiasaan nilai-nilai moral dan etika dalam kehidupan sehari-hari. Melalui program ini, siswa diajarkan untuk menjadi individu yang jujur, bertanggung jawab, disiplin, dan memiliki empati terhadap sesama.

Selain itu, Sekolah Tanjungpinang juga memberikan perhatian pada pengembangan kepribadian siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler. Melalui kegiatan ekstrakurikuler seperti pramuka, seni, dan olahraga, siswa diajak untuk mengembangkan keterampilan sosial, kepemimpinan, dan kerjasama tim. Hal ini diharapkan dapat membentuk karakter siswa menjadi pribadi yang tangguh dan siap menghadapi berbagai tantangan di masa depan.

Selain program-program di atas, Sekolah Tanjungpinang juga aktif mengadakan kegiatan-kegiatan sosial dan keagamaan untuk mengajarkan pada siswa pentingnya berbuat kebaikan dan menjaga hubungan yang harmonis dengan sesama. Dengan demikian, diharapkan siswa dapat menjadi individu yang peduli, bertoleransi, dan memiliki rasa kebersamaan yang tinggi.

Dengan berbagai program dan kegiatan yang diterapkan, Sekolah Tanjungpinang berkomitmen untuk membentuk karakter siswa yang berkualitas dan memiliki integritas tinggi. Dengan demikian, siswa diharapkan dapat menjadi generasi yang memiliki moralitas yang baik dan siap untuk menjadi pemimpin masa depan yang bertanggung jawab.

Referensi:
1. Lickona, Thomas. (1991). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.
2. Suharnan. (2010). Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.