Headlines

Fasilitas dan Ekstrakurikuler di Sekolah Makassar: Mewujudkan Pembelajaran Holistik – Artikel ini akan mengulas fasilitas yang tersedia di Sekolah Makassar, seperti laboratorium, perpustakaan, dan area olahraga, serta berbagai macam ekstrakurikuler yang ditawarkan untuk mendukung pembelajaran holistik siswa.


Fasilitas dan Ekstrakurikuler di Sekolah Makassar: Mewujudkan Pembelajaran Holistik

Pendidikan holistik menjadi fokus utama bagi banyak sekolah di era modern ini. Salah satu sekolah yang berkomitmen untuk mewujudkan pembelajaran holistik adalah Sekolah Makassar. Sekolah ini tidak hanya menawarkan program akademik yang berkualitas, tetapi juga fasilitas yang lengkap serta berbagai macam ekstrakurikuler yang mendukung pengembangan holistik siswa.

Salah satu fasilitas yang menjadi keunggulan Sekolah Makassar adalah laboratorium yang lengkap. Laboratorium ini dilengkapi dengan peralatan yang modern dan memadai untuk menunjang pembelajaran siswa dalam berbagai bidang ilmu, seperti fisika, kimia, dan biologi. Dengan adanya fasilitas laboratorium yang memadai, siswa dapat belajar secara langsung dan praktis, sehingga memperdalam pemahaman mereka dalam materi pelajaran yang diajarkan di kelas.

Selain laboratorium, perpustakaan juga menjadi fasilitas yang penting di Sekolah Makassar. Perpustakaan ini dilengkapi dengan berbagai jenis buku, jurnal, dan referensi lainnya yang relevan dengan kurikulum sekolah. Dengan adanya perpustakaan yang lengkap, siswa dapat mengembangkan minat baca mereka, meningkatkan pengetahuan, dan memperluas wawasan di luar pelajaran yang diajarkan di kelas.

Tak hanya fasilitas akademik, Sekolah Makassar juga memiliki area olahraga yang memadai. Area olahraga ini dilengkapi dengan lapangan sepak bola, lapangan basket, dan lapangan voli. Selain itu, terdapat juga fasilitas gym yang lengkap dengan peralatan olahraga modern. Dengan adanya fasilitas olahraga yang baik, siswa dapat mengembangkan kemampuan fisik mereka, meningkatkan kesehatan, serta belajar tentang teamwork dan fair play melalui berbagai kegiatan olahraga yang diadakan di sekolah.

Selain fasilitas, Sekolah Makassar juga menawarkan berbagai macam ekstrakurikuler yang mendukung pembelajaran holistik siswa. Misalnya, ekstrakurikuler musik, tari, dan drama untuk mengembangkan minat dan bakat seni siswa. Ekstrakurikuler debat dan jurnalistik untuk meningkatkan kemampuan berbicara dan menulis siswa. Ekstrakurikuler lingkungan untuk mengajarkan siswa tentang kepedulian terhadap alam dan lingkungan sekitar. Selain itu, terdapat juga ekstrakurikuler bahasa asing, komputer, dan matematika untuk meningkatkan kemampuan siswa di bidang tersebut.

Dengan adanya fasilitas yang lengkap dan berbagai macam ekstrakurikuler yang ditawarkan, Sekolah Makassar mampu menciptakan lingkungan pembelajaran yang holistik bagi siswa. Siswa tidak hanya belajar dalam kelas, tetapi juga dapat mengembangkan minat dan bakat mereka di luar pelajaran akademik. Dengan demikian, siswa dapat tumbuh dan berkembang secara menyeluruh dalam berbagai aspek kehidupan.

Referensi:
1. Sekolah Makassar. (2022). Website:
2. Siregar, R. (2019). Pendidikan Holistik: Menumbuhkan Kecerdasan Majemuk Anak. Bandung: Penerbit Pustaka.
3. Setiawan, A. (2021). Pembelajaran Holistik: Konsep, Implementasi, dan Manfaatnya. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.